Perubahan Sosial Masyarakat Desa Pragen

PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT DESA PRAGEN KECAMATAN PAMOTAN KABUPATEN REMBANG
September 16, 2023
Penulis Dari XIl IPS 5 SMA NEGERI 1 PAMOTAN yang bernama Nita Erfin Naimah, Eka Putri Ismatul Hawa, Melisya Kemala Deby.

Berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan mengenai perubahan sosial dari zaman dahulu ke zaman modern. Hasil observasi ini di lakukan di Desa Pragen Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Hasil observasi ini mencakup perubahan rumah zaman dahulu dan sekarang, fashion zaman dahulu dan sekarang,serta peralatan rumah tangga zaman dahulu dan sekarang. Pada saat kami mengelilingi rumah di Desa Pragen kami sedikit kesulitan menemukan bentukan rumah maupun barang-barang kuno sedangkan bentukan rumah zaman modern cukup mudah. Hasil foto observasi di dapatkan dari rumah ke rumah dan setiap orang mengambil potret juga beda-beda,karena hasil observasi ini dilakukan dengan cara di bagi dan setiap orang mendapatkan tugas bagian masing-masing. Setelah itu kami melakukan analisis terhadap perusahaan apa yang terjadi ketika arsitektur rumah,busana,dan perabotan rumah tangga ketika berubah. Kami fokus terhadap sistem sosial apa yang berubah dari norma sosial,interaksi sosial, kelompok sosial, tindakan sosial,kelas sosial, mobilitas sosial, konflik sosial,hingga integrasi sosial.
Berikut ini perubahan yang terjadi dari zaman ke zaman dan selamat membaca.

A. Arsitektur Rumah Zaman Dahulu dan Zaman Modern

•Model Rumah Zaman Dahulu
Ada beberapa model rumah zaman dahulu dengan gaya rumah yang sangat sederhana yang masih ada sampai sekarang, seperti halnya rumah limasan yang kami temukan saat berkeliling di Desa Pragen.
Berikut merupakan potret rumah limasan:Rumah Limasan diatas milik Mbah
  Kasiah yang beralamat di Desa Pragen Rt01/Rw02 Kecamatan Pancur Kabupaten
                          Rembang.
 ( Dipotret oleh Nita Erfin Naimah, 01 Agustus 2023)

Kami cukup kesulitan untuk menemukan potret rumah Limasan ini dikarenakan sekarang banyak bentuk rumah yang dulunya merupakan rumah zaman dahulu yang sudah di renovasi menjadi bentuk rumah modern. Dan akhirnya kami menemukan rumah Mbah Kasiah yang berada di pinggir jalan, ditengah tengah desa.

Rumah tersebut merupakan Rumah limasan merupakan rumah khas Jawa. Mulai dari beberapa daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, maupun Jawa Timur memiliki bangunan tradisional berupa rumah limasan.Ciri khas dari rumah limasan sendiri adalah bagian atapnya yang seakan berbentuk bangun ruang limas. Di bagian atas, terdapat atap yang dua tingkatan terdiri atas empat sisi dengan bentuk trapesium dan segitiga sama kaki. Dan terdapat juga jendela bagian depan kanan dan kiri yang memberikan kesan itu adalah benar benar bangunan yang lama karena sudah terlihat dari bantuk rumahnya dan ciri ciri rumah tersebut. Tidak berhenti di situ, atas rumah limasan rata-rata memiliki “emperan” yang menjadi batas antara bagian utama rumah dan teras di bagian bawahnya dan rumah Limas mempunyai tata ruang yang sangat bagus misalnya rumah Limas memiliki tempat keluarga yang sangat luas sehingga rumah Limas maupun rumah zaman dahulu sering digunakan untuk kumpul bersama keluarga besar.

Rumah zaman dahulu kalau di jual di zaman sekarang nilai jualnya menjadi tinggi walaupun kesannya sudah kekunoan karena memang rumah zaman dahulu rata-rata terbuat dari kayu jati. Rumah Limas memang mempunyai banyak filosofis yang mendalam, terdiri dari lima tingkat dengan makna dan fungsi yang berbeda-beda. Lima tingkatan ruangan diatur menggunakan filosofi Kekijing, dimana setiap ruangannya diatur berdasarkan penghuninya, yaitu usia, jenis kelamin, bakat, pangkat, serta martabat.

•Rumah Zaman Modern (sekarang) kalau kita melihat di kota-kota besar maupun di desa sekarang banyak banget bangunan rumah modern. Rumah modern berbahan dasar batu bata. Alesan orang sekarang memilih rumah modern ketimbang rumah zaman dahulu karena rumah zaman modern bahan nya lebih aman di kantong ketimbang harga kayu jati yang satu pohon nya bisa mencapai puluhan juta rupiah. Berikut beberapa jenis rumah modern:
 - Gaya modern.
 - Gaya klasik modern.
 - Gaya minimalis.

•Berikut Contoh Gambar Rumah KlasikRumah Zaman Modern:
        Rumah modern diatas milik Bapak
 Rukimin yang beralamat di Desa Pragen  
      Rt01/Rw01 Kecamatan Pamotan      
                 Kabupaten Rembang.
(Dipotret oleh Nita Erfin Naimah 16, September 2023)

Dengan adanya perkembangan zaman diera globalisasi ini model rumah tidak lagi seperti dulu kini rumah sekarang lebih menjorok rumah klasik modern atau modern classic adalah sebuah konsep tatanan rumah yang menghasilkan gaya baru dengan estetika yang menawan bagi rumah komersial. Gaya ini menggabungkan nuansa klasik dengan sentuhan modern yang menampilkan tampilan nan elegan. Bangunan rumah modern banyak di temui di kota besar maupun di desa. Rumah klasik modern banyak di sukai karena rumahnya yang estetik dan lebih rapi sehingga memberikan kenyamanan sebagai tempat tinggal.

B. Gaya Busana Zaman Dahulu dan Zaman Modern 

Pakaian zaman dahulu waktu itu masih berbentuk kebaya. Nenek-nenek zaman dahulu lebih suka memakai kebaya dan rok yang menjulang karena kebaya merupakan pakaian tradisional dari Jawa pada zaman dahulu selain di gunakan sebagai pakaian sehari-hari kebaya juga bisa menjadi ikonik orang Jawa.

•Berikut ini adalah gambar pakaian zaman dahulu:

Baju zaman dahulu diatas milik
 mbah Sumiati yang beralamat di Desa Pragen Rt04/Rw02 Kecamatan Pamotan
                Kabupaten Rembang.
 (Dipotret oleh Nita Erfin Naimah,01 Agustus 2023)

Siang itu kami mencari nenek nenek yang masih menggunakan busana zaman dahulu yang dikenakan sampai sekarang. Sangat sulit untuk mencarinya akhirnya, kami menemukan Mbah Sumiati yang sedang sibuk menghitung uang pecahan Rp2000 ribuan. Uang itu dia siapkan sebagai salam tempel untuk cucu dan cicitnya. Meski tangannya kadang bergetar, tapi penghilatannya masih awas dan ingatannya tajam.

Keriput di kulitnya sudah membentuk ulir-ulir likat, rambutnya nyaris putih sempurna. Badan tuanya terlihat ringkih, tapi saat bercerita ia terlihat lincah dan kuat. Hanya pendengarannya sedikit berkurang, Dengan model baju yang dikenakan Mbah Sumiati Terdapat motif bunga dengan warna dasar coklat susu yang melambangkan kesederhanaan dengan rok motif bunga bunga kecil yang berwarna dasar gelap yang menambah keanggunan, kelembutan dan keteguhan perempuan Indonesia.

pakaian zaman modern anak muda zaman sekarang mengikuti trend fashion. Trend fashion yang lagi ngetrend di kalangan anak muda adalah Korean style dan style dari negara-negara barat.

• Berikut Contoh Gambar style modern:
Baju modern diatas milih Nita Erfin  
   Naimah. Waduk Panohan Kecamatan      
          Gunem Kebupaten Rembang.
(Dipotret oleh Eka Putri Ismatul Hawa, 2 Juni 2023)

Gambar diatas merupakan contoh gambar dari fashion Korean style.Yang dapat digunakan oleh anak muda zaman sekarang yang memiliki desain blouse motif yang bagus cantik dan menawan diikuti jilbab yang senada dengan warna bajunya, juga tas selempangnya yang memberikan kesan keindahan dan keserasian dalam foto tersebut, dan adanya pernak pernik kacamata dan topi memberikan kesan keindahan juga dan memiliki daya tarik sendiri bagi kalangan anak muda sekarang.Dan diikuti juga kecocokan warna celana dengan motif love di bagian pinggir celana disertai sabuk memberikan kesan agar tidak terlalu polos dan memberikan efek mempertajam pada busana tersebut yang memberikan nilai keindahan kemenarikan pada seorang pemuda.

C.Prabotan Rumah Tangga Zaman Dahulu Dan Zaman Sekarang.

1. Perubahan sosial Cobek dan Blender

•berikut adalah gambar cobek:Prabotan zaman dahulu(cobek) diatas 
  milik Bu Aspiah yang beralamat di Desa
 Pragen Rt01/Rw02 Kecamatan Pamotan 
                  Kabupaten Rembang.
(Dipotret oleh Nita Erfin Naimah, 16 September 2023)

perubahan sosial dalam memasak salah satunya adalah ulek-ulek jaman dulu sama blender jaman sekarang.Cobek dan ulekan digunakan untuk menumbuk, menggiling, melumat, mengulek, dan mencampur bumbu-bumbu dapur. Konon katanya, jika memasak menggunakan cobek dan ulekan, akan membuat citarasa masakan jadi lebih lezat. Dengan kedua alat ini, kamu juga bisa mengatur sendiri tekstur bumbu.
Kaman semakin maju teknologi semakin canggih manusia membuat produk yg lebih praktis di gunakan orang orang jaman dulu menghaluskan bumbu menggunakan ulek-ulek yang terbuat dari batu namun jaman sekarang orang-orang lebih suka menggunakan blender karena lebih praktis dan hemat tenaga. Tapi tak jarang juga orang-orang yang masih mengunakan ulek-ulek karena cita rasa yang di dapat berbeda.


Seiring berkembangnya zaman dan teknologi blender ini dibuat agar memudahkan manusia untuk menghaluskan bumbu dengan cepat dan tidak membuang tenaga.

•berikut adalah gambar blender:
Blender diatas milik Bu nor yang beralamat di desa Pragen Kecamatan
       Pamotan Kabupaten Rembang
(Dipotret oleh Melisya Kemala Deby, 16 September 2023)


Blender atau pelumat adalah alat elektronik berupa sebuah wadah dilengkapi pisau berputar yang digunakan untuk mengaduk, mencampur, menggiling, atau melunakkan bahan makanan. Material Blender
Material gelas blender biasanya terbuat dari kaca atau plastik. Kini orang lebih menyukai bahan plastik karena ringan dan tak gampang pecah, karena itu gelas blender bahan plastik dinilai lebih awet.

2. Perubahan sosial Kendi dan Teko 

•Berikut gambar kendi:
Kendi dan teko diatas milik Bu Aspiah 
        yang beralamat di Desa Pragen 
       Rt01/Rw02 Kecamatan Pamotan 
                Kabupaten Rembang.
(Dipotret oleh Nita Erfin Naimah, 8 September 2023)

perubahan sosial memanglah ada dari masa ke masa yaitu salah satunya perubahan wadah minum zaman dulu ke zaman sekarang yang pada umumnya zaman dulu itu terbuat dari bahan yang sangat sederhana yaitu tanah liat yang pada dasarnya tanah liat memiliki ciri khas tersendiri yaitu bisa membuat air terasa lebih segar,dingin pas diminum tetapi dengan adanya perubaahan zaman alat minum zaman dahulu pun atau bisa disebut kendi sudah langka sekali ada yang melestarikan kendi yang terbuat dari tanah liat itu pun cuma beberapa saja yang mengolah pun orangnya sudah sudah tua reta satu satunya penerusnya adalah keturunanya namun, anak muda dizaman sekarang memilih untuk merantau ketimbang meneruskan budidaya kendi dari tanah. 


Dan sekarang sudah tergantikan oleh alat minum zaman sekarang yaitu teko yang mana teko itu terbuat dari bahan dasar kaca yang mudah dibuat dan sangat praktis sekali bagi zaman sekarang,dikarenakan apa?bahan baku zaman dulu sudahlah langka untuk didapatkan dan anak zaman sekarang tidaklah mudah untuk diajari membuat kendi tersebut,pemikirannya hanyalah pengen yang cepat dan praktis.tetapi,teko yang terbuat dari bahan plstik itu tidaklah baik untuk tubuh kita karena plastik mengandung komponen yang berbahaya bagi kesehatan ,yaitu bisphenol A(BPA)dan phthalate beda dengan kendi yang mempunyai sifat kekhasannya.

D. Perubahan sosial transportasi Zaman Dahulu dan Zaman Modern

•Berikut gambar sepeda(jengki) dan motor :Sepeda dan motor diatas milik Bapak Zuhri yang beralamat di Desa Pragen      
       Kecamatan Pamotan Kabupaten 
                          Rembang.
(Dipotret oleh Nita Erfin Naimah, 1 Agustus 2023)

Kendaraan menjadi salah satu bentuk alat transportasi yang memudahkan perjalanan manusia dari suatu tempat ke tempat yang lain. Alat Transportasi bukan hanya ada pada zaman modern seperti sekarang ini, melainkan sudah ada sejak zaman dahulu. Namun bentuknya yang masih sederhana dan umumnya menggunakan bantuan tenaga manusia.

Lalu Bagaimana bentuknya? Bagaimana perkembangannya? Berikut beberapa transformasi kendaraan dari masa ke masa.

Pada zaman dahulu, dimana teknologi belum ditemukan canggih seperti saat ini, alat transportasi darat menjadi salah satu hal yang sangat diandalkan.

Bermodalkan bantuan hewan salah satunya kuda terciptalah pedati, delman, andong dan sejenisnya yang berfungsi sebagai alat Transportasi yang membantu dalam pemindahan barang-barang. Tidak hanya itu, alat Transportasi ini juga digunakan untuk manusia dalam menempuh perjalanan ke suatu daerah walaupun masih membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Lalu muncullah sepeda pertama yang belum memiliki pedal atau kayu. Kemudian seseorang yang berasal dari Skotlandia menemukan pedal atau kayu pertama untuk sepeda pada roda belakang. Pada masa itu sepeda merupakan alat transportasi yang sudah cukup modern.

Setelah itu terciptalah sepeda 

 yang menggunakan mesin dan bahan bakar, disusul dengan mobil roda 3, roda 4 hingga beroda 10 untuk kategori truk yang dapat mengangkut banyak barang bawaan.

Bukan hanya motor dan mobil, alat transportasi kendaraan darat adalah kereta yang dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang cukup pesat bahkan memiliki kecepatan yang luar biasa. Hal ini tentu memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehingga efektif dan efisien.

Demikian hasil penelitian observasi yang bisa saya sampaikan dan saya dan kelompok saya mengucapkan terimakasih karena telah membaca hasil observasi ini.


Anggota kelompok:
1. Nita Erfin Naimah().
2.) Eka putri ismatul hawa(9).
3.) Melisya Kemala Deby().

Postingan populer dari blog ini

PERUBAHAN SOSIAL DARI ZAMAN DULU HINGGA SEKARANG

Pembelajaran Mengenai Perubahan Sosial